WelCome

Selasa, 27 Oktober 2009

SMANSATA skull Qu...


SMAN 1 Tarakan, yang biasanya disebut sebagai SMANSATA oleh kebanyakan muridnya adalah salah satu sekolah tertua di Tarakan yang secara resmi didirikan pada 1 Agustus 1965. Sepanjang sejarah perkembangannya, sekolah ini telah menghasilkan banyak prestasi, dan terus berupaya menunjukkan eksistensinya sebagai sekolah terbaik di wilayah Utara Kaltim dan telah melahirkan ribuan lulusan yang berhasil.

Sepanjang sejarah perjalanannya hingga sat ini, SMANSATA telah melakukan 14 kali pergantian Kepala Sekolah, dimana dalam masing-masing penjabatannya yaitu selama 2 tahun. Penjabatan Direktu SMAN 1 Tarakan saat ini adalah Dra. Hj. Arbayah Kumalawati.

Saat ini SMANSATA memiliki guru sejumlah 64 orang dan Staff Administrasi sebanyak 22 orang. SMANSATA memiliki tiga angkatan kelas yaitu kelax X,XI, dan XII yang terdiri atas jurusan IPA IPS dan Bahasa dimana dalam pembagiannya, kelas X sebanyak 7 kelas yang terdiri atas kelas X-A s/d X-G. kelas XI terdiri atas 4 kelas jurusan IPA yaitu kelas XIA-1 s.d XIA-4. jurusan IPS terdiri atas 2 kelas yaitu XIS-1s.d XIS-2, dan kelas bahasa yang terdiri atas 1 kelas yaitu XI Bahasa. kelas XII jurusan IPA terdiri ata 4 kelas yaitu XIIA-1 s.d XIIA-4, jurusan IPS terdiri atas 2 kelas yaitu XIIS-1 dan XIIS-2, dan jurusan Bahasa terdiri atas 1 kelas yaitu XII Bahasa.

SMANSATA dalam kegiatan pembelajarannya dilengkai dengan sarana dan prasarana seperti LAB. IPA, LAB Komputer, LAB Bahasa, Perpustakaan, Ruang Multimedia, Lab. Multimedia, dan TRRC (teacher resaurces and research center).

Selain kegiatan belajar dalam sekolah, SMANSATA juga memiliki berbagai kegiatan ekskul yang dilaksanakan diluar jam belajar sisiwa. Pemberradaan ekskul bertujuan untuk pengembangan bakat siswa. dimana dlam pengelompokan kegiatan ekskul terbagi atas 6 bidang yang terbagi atas bidang kepemimpinan yang meliputi ekskul Pramuka, PMR, dan Lingkungan Hidup. Bidang Sains dan Teknologi meliputi klub Matematika, klub Fisika, klub Kimia, klub Biologi, klub Komputer, klub Astronomi klub Ekonomi, dan KIR. Bidang Bahasa meliputi klub bahasa Inggris, dan klub Jepang.Bidang olahraga meliputi Basket, volley, dan Badmintoon. Serta bidang Seni yang meliputi Paduan Suara, Teater, Seni tari,Marching Band, dan Fotografi.
Berbagai prestasi telah banyak dilahirkan SMANSATA hingga saat ini diantaranya juara dalam Olimpiade Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Biologi, Komputer,dan Astronom. Prestasi di bidang lain seperti Debat Bahasa Inggris. lomba membaca Berita, pemenang lomba Pidato, lomba Desain WEB, dan berbagai prestasi lainnya yang mengharumkan nama SM,AN 1 Tarakan.
Tidak lupa, SMANSATA memiliki visi dan misi yaitu "unggul dalam prestasi seiring dengan perkembangan IPTEK dan TIK serta siap berkomprtisi di era globalisasi berdasarkan iman dan taqwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar